BIO – Yussa Patusama, Pelari dan Founder SWB (Semeton Workout Bali)

0
206

Yussa Patusama merupakan putra dari Bali yang mempunyai semangat dalam hidupnya untuk mengaktualisasikan diri dalam bidang berolahraga. Kebiasaan dari kecil mengayuh sepeda dari rumah menuju sekolah dengan jarak yang lumayan jauh membuat dirinya merasa terbiasa dengan melatih fisiknya secara tidak langsung.

Putra dari Bali ini pernah merantau di Jakarta, saat itulah mulai terjun lebih serius untuk membentuk komunitas kecil bidang olahraga bersama saudara pada tahun 2013. Namun pemuda yang energic dan menyukai tantangan ini merasa ingin berolahraga dengan suasana yang baru sehingga memulai untuk menekuni olahraga lari pada tahun 2014. Event marathon pertama yang diikuti yaitu Bali Marathon yang membuat Yussa semakin cinta dengan hobinya sehingga melanjutkan untuk mengikuti belasan event marathon hingga mencoba ultra marathon. “Menurut saya event yang paling berkesan adalah dikala memulai untuk challenge diri dengan pengalaman baru di event Rinjani 100. Saya pernah mendaki habiskan waktu 5 hari tapi saat coba event lari dalam waktu 15 jam bisa mencapai 36km (sudah naik – turun gunung)” ungkap pemuda yang akrab disapa Bli Yussa.

semeton workout bali
Semeton Workout Bali

Ketika sudah kembali menetap di Bali, adapun komunitas yang dibangun bernama SWB (Semeton Workout Bali) yang tujuannya untuk memberikan peluang bagi orang-orang yang bingung untuk memulai berolahraga, dalam komunitas ini akan dibantu untuk melatih diri untuk mencapai targetnya. Komunitas yang telah dibangun selama 7 tahun ini juga sudah mampu menjadi wadah penyemangat anggota yang bukan hanya dirasa sebagai komunitas olahraga semata, namun rasa kekeluargaan sudah tercipta. “Saya membiasakan agar teman-teman tidak menyebutkan negative words saat berolahraga, misalkan kata capek, nah kalau itu diucapkan bisa saja kata capek menurunkan semangat yang lainnya” begitu prinsip yang ditekankan dalam latihan bersama SWB. Dalam komunitas ini difokuskan pada calisthenic dan teknik street workout lainnya, namun founder SWB ini seringkali memberikan challenge pada teamnya untuk mengikuti event lari marathon.

Komunitas SWB
Komunitas Semeton Workout Bali

Menurut Bli Yussa, ketika lari dengan jarak dan waktu yang sudah ditentukan maka secara tidak langsung kita bekerjasama dengan diri sendiri. “Melalui hal tersebut juga melatih diri untuk memperluas zona nyaman, menemukan pengalaman baru untuk lebih mengetahui bagaimana respon diri secara mental ketika berada di titik rendah. Apalagi disaat tubuh sudah rasanya kepingin berhenti, tapi kaki ini akan tetap tergerak melangkah maju atau bagaimana.” Itulah hal yang ditekankan Bli Yussa dalam menyemangati Semeton Workout Bali. –dessy.sw